Gejala Penyakit Liver Hepatitis B, Penyebab dan Pencegahan


Gejala Penyakit Liver Hepatitis B, Penyebab dan Pencegahan - Hepatitis B dan C merupakan penyakit liver yang paling banyak ditemukan. Penyakit Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Pada beberapa orang infeksi hepatitis B dapat menjadi kronis dan menyebabkan kegagalan hati, kanker hati atau kerusakan pada jaringan hati.

Menjaga kesehatan di tengah aktivitas yang padat merupakan prioritas utama yang seharusnya dilakukan oleh semua orang. semakin giat beraktifitas terkadang seseorang tanpa sadar membuat liver bekerja terlalu keras, bahkan melebihi kapasitas kinerja yang seharusnya.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa liver merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi penting juga bagi tubuh yakni sebagai detoksifikasi, membentuk antibody sebagai bentuk pertahanan tubuh, dan sebagai pengatur metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan hati dari berbagai penyakit, termasuk menjaganya dari penyakit liver serta mengetahui gejala penyakit liver.

Gejala awal dari penyakit liver adalah ciri-ciri awal munculnya suatu kelainan dalam tubuh seseorang sehingga menyebabkan ketidak sempurnaan kinerja organ hati dari dalam tubuh. Adapun gejala-gejala penyakit liver yang harus anda waspadai adalah :
  • Adanya perubahan perut sehingga nampak terlihat buncit, hal ini disebabkan dengan munculnya pembengkakan di area bawah tulang rusuk bagian bawah.
  • Warna kuning kegelapan pada air seni.
  • Ketidak teraturan buang air besarBentuk kuku berubah menjadi melengkung dan adanya perubahan warna keputihan pada kuku
  • Tubuh mudah memar dan sering mengalami mimisan karena tubuh kekurangan protein

Adapun penyebab dari penyakit liver antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maupun tidak higienis
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  3. Pola makan yang tidak seimbang dan tidak teratur
  4. Terlalu sering mengkonsumsi obat (mengkonsumsi obat berlebihan)\
  5. Pola hidup yang tidak sehat dan tidak seimbang
Artikel kesehatan lainnya : 
Sampai saat ini, pengobatan dengan cara tradisional masih sangat dipercaya oleh masyarakat. Pengobatan dengan cara tradisional biasanya menggunakan tanaman-tanaman seperti :

Temu lawak
Temulawak dipercaya sebagai salah satu obat ampuh penyakit liver. Selain dapat melindungi liver, memperkuat sel-sel liver, temulawak juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Dengan kandungan curcumin yang dimilikinya membuat tanaman ini mampu mencegah terjadinya peradangan dan anti hepatotoksik yang akan sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati.

Sambiloto
Memiliki kandungan zat andrographolid yang mampu menimbulkan rasa pahit pada daun sambiloto. Fungsi utama dari zat ini adalah merusak inti sel tumor serta berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kunyit
Fungsi dari tanaman ini yang sangat umum adalah mampu mengatasi peradangan dan pembengkakan. dengan kandungan kurkimin yang dimilikinya membuat tanaman ini dipercaya sebagai salah satu tanaman yang mampu menyembuhkan penyakit liver.

Setelah mengetahui gejala penyakit liver dan penyembuhannya, maka mulai sekarang anda bisa lebih waspada terhadap segala hal yang mampu memicu terjadinya penyakit ini. ada beberapa cara pengobatan yang bisa ditempuh yakni dengan cara medis, cara tradisonal, maupun kombinasi antara kedua cara tersebut. Oleh karena itu sangat penting menjaga kesehatan hati, agar tidak sampai terjangkit penyakit tersebut.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai gejala penyakit liver yang bisa kami sampaikan. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan dan membawa manfaat bagi setiap orang yang telah membacanya

Postingan terkait: